Cara Hutang Di Koperasi Simpan Pinjam

Kehadiran Koperasi Simpan Pinjam atau KSP mungkin dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah keuangan dalam masyarakat. KSP hadir sebagai pilihan lain untuk mendapatkan dana segar selain Bank. Nah bagi anda yang mungkin berencana meminjam dana di KSP, ada baiknya anda mengetahui cara hutang di Koperasi Simpan Pinjam yang akan diinformasikan di bawah ini.

Baca Juga : syarat pinjaman di Bank agar ACC

Cara Hutang Di Koperasi Simpan Pinjam

1. Hubungi Contact Person Marketing

Cara hutang di Koperasi yang pertama adalah menghubungi contact person marketing koperasi tersebut. Biasanya sebuah koperasi simpan pinjam atau KSP akan memiliki marketing yang bertugas mencari nasabah atau orang yang akan berhutang. Biasanya juga para marketing itu akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan nasabah atau orang yang berhutang. Hal itu dikarenakan petugas marketing itu harus memenuhi target yang diminta pihak KSP supaya bisa mendapatkan bonus dan gaji mereka. Nah cara yang biasa dilakukan adalah menyebar brosur atau pamflet. Ddalam brosur atau pamflet tersebut pasti akan dicantumkan nomor contact person. Anda bisa menghubungi nomor contact person yang tercantum di brosur atau pamflet tersebut. Selain itu banyak juga marketing KSP yang memanfaatkan media sosial seperti facebook untuk mencari nasabah. Nah di setiap postingan mereka pasti juga akan mencantumkan nomor contact person mereka.

2. Menyiapkan Persyaratan Administrasi

Mengajukan permohonan di Koperasi juga memerlukan persyaratan administrasi seperti pengajuan permohonan pinjaman dana di Bank. Namun biasanya syarat pengajuan pinjaman dana di Koperasi tidak serumit dan selengkap persyaratan pengajuan pinjaman dana di Bank. Mungkin hanya dengan fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy KTP serta form pengajuan permohonan dana saja sudah cukup untuk melakukan permohonan pinjaman dana di Koperasi. Atau mungkin juga hanya dengan fotocopy KTP serta adanya jaminan seperti BPKB kendaraan bermotor anda juga sudah bisa mengajukan permohonan pinjaman dana di Koperasi.

3. Miliki Rekomendasi

Mengapa memiliki rekomendasi bisa menjadi cara berhutang di Koperasi simpan Pinjam? Karena pihak KSP biasanya akan memercayai bila anda membawa seorang teman atau kenalan yang merekomendasikan anda untuk mengajukan permohonan pinjaman dana tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa teman atau kenalan yang merekomendasikan anda itu memiliki track record yang bagus. Atau mungkin anda bisa juga meminta rekomendasi teman atau kenalan yang sudah menjadi anggota Kopreasi Simpan Pinjam tersebut.

4. Mengikuti Prosedur Yang Berlaku

Seperti halnya di Bank, di KSP juga pastinya ada prosedur yang berlaku dalam urusan peminjaman dana. Namun biasanya pada KSP prosedur itu tidak ribet dan tidak memakan waktu lama. Prosedur mungkin hanya akan berjalan selama 1-3 hari kerja setelahnya permohonan pinjaman dana anda dapat segera dikabulkan.

Baca Juga : solusi terbebas dari hutang kartu kredit


Comments

Popular posts from this blog

Syarat-Syarat Meminjam Uang atau Di Bank Agar Disetujui

3 Cara Cepat Melunasi Hutang Dengan Sedekah

Jenis-Jenis Bunga Hutang Di Bank