Apa Saja Solusi Kartu Kredit Untuk Terbebas Dari Hutang?


Hal mendasar terkait masalah hutang adalah kurangnya pengetahuan mengenai pengelolaan uang (money management). Banyak para pekerja dan pengusaha yang terjebak dan terbuai dengan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit. Salah satu masalah keuangan bagi para karyawan adalah hutang kredit. Jika anda menginginkan hutang kredit dapat segera terlunasi, maka anda membutuhkan solusi kartu kredit seperti di bawah ini.

Baca juga : Doa Mustajab agar terbebas dari hutang

Apa Saja Solusi Kartu Kredit Untuk Terbebas Dari Hutang?

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai solusi kartu kredit Anda:


1. Kumpulkan Semua Tagihan Kartu Kredit


Dasar dari eliminasi hutang kartu kredit adalah dengan mengumpulkan semua lembar tagihan kartu kredit yang dimiliki. Catat kembali hutang di mana saja dan berapa nominal dari masing-masing tagihan kartu kredit, dari sanalah dapat diketahui rekam jejak pemakaian kartu kredit dan berapa hutang yang harus dilunasi.


2. Eliminasi Hutang Kartu Kredit


Konsep utama eliminasi hutang adalah menetralkan kekuatan bunga berbunga (compound interest) yang bekerja melawan Anda semua. Bagaimana cara menetralisirnya? Lunasi dahulu hutang yang bunganya paling besar, karena bunga tersebut bisa menelan Anda hidup-hidup. Anda bisa mengeliminasi hutang jauh lebih cepat dengan satu langkah kecil, yakni membayar ekstra tiap bulannya.

3. Tutup Kartu Kredit Yang Sudah Lunas


Setelah hutang kartu kredit anda lunas, Anda perlu menggunting kartu kredit yang Anda miliki. Artinya, Anda tidak akan berurusan kembali dengan bank penerbitnya.  Sambil mengubah kebiasaan Anda untuk menggunakan kartu debit atau uang tunai, catat dan evaluasikan setiap pembelanjaan & pengeluaran setiap bulannya. Jangan lupa untuk menghubungi bank penerbit untuk menutup kartu kredit agar tidak ada tagihan yang muncul di kemudian hari.

4. Mencari Alternatif Tambahan Pemasukan


Jadikan reputasi yang sudah Anda bangun, baik bekerja sebagai karyawan atau patungan usaha dengan rekan kerja (business partner), sebagai modal sosial untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan kebiasaan berhutang dan selalu tingkatkan diri dan kepribadian Anda hingga nantinya, bukan Anda yang harus menyetorkan uang kepada orang lain atau lembaga tempat berhutang, tetapi uanglah yang akan mendatangi Anda.



Comments

Popular posts from this blog

Syarat-Syarat Meminjam Uang atau Di Bank Agar Disetujui

3 Cara Cepat Melunasi Hutang Dengan Sedekah

Jenis-Jenis Bunga Hutang Di Bank